Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Permainan Oray Orayan

Oray-orayan adalah dwiwacanakata berulang memakai akhiran an yang artinya menirumenyerupai oray atau ular. Yaitu permainan dengan menirukan bentuk dan perilaku dua ekor ular yang sedang berkelahi.

Oray Orayan Lagu Daerah Jawa Barat Permainan Anak Sunda Youtube Lagu Belajar

Kaulinan Barudak Oray-orayan Bermain Permainan.

Permainan oray orayan. Dua orang anak saling berpegangan tangan membentuk seperti gerbang dua orang tersebut memilih akan menjadi bulan atau bintang. Permainan oray orayan sendiri termasuk kedalam permainan tradisional sunda yang jenis permainannya meniru atau menyerupai oray atau ular. S1 thesis Universitas Pendidikan Indonesia.

Permainan oray-orayan dilakukan secara berkelompok. Yaitu suatu permainan dengan menirukan bentuk atau perilaku dua ekor ular yang sedang berkelahi. Cara Memainkan Permainan Oray-orayan.

Kaulinan barudak oray-orayan juga memiliki fungsi pedagogis dan fungsi rekreatif. Permainan oray2an ini populer di kalangan tatar Sunda dimainkan berkelompok serta di lahan yang cukup luas sambil menyanyikan kawihlagu oray2an. Permainan Oray-orayan dalam bahasa Indonesia.

Permainan ini pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan permainan Ular Naga biasanya dimainkan oleh 10-20 orang anak laki-laki dan perempuan usia 3-6 tahun dibagi menjadi dua kelompok. Ular-ularan cukup terkenal di tataran Sunda. Ariesyani Risye 2014 PENERAPAN METODE PERMAINAN TRADISIONAL ORAY-ORAYAN UNTUK MEMBANTU ANAK YANG PEMALU.

Permainan Oray-orayan ular-ularan adalah permainan yang riang dan memadukan unsur gerakan dan suara permainan tradisional sunda ini biasa dimainkan oleh banyak anak. Yuk belajar bahasa daerah melalui lagu oray orayan. Oray-orayan merupakan Lagu Permainan Sunda yang dinyanyikan oleh anak-anak yang bermain oray-orayan atau ular-ularan biasanya sebelum bermain suka saling memegang pundak teman yang lain yang ada di depannya.

Oray-orayan merupakan lagu yang biasa dinyanyikan untuk permainan khas Sunda yang dinyanyikan oleh anak-anak yang bermain oray-orayan atau ular-ularan. Dimasa yang sudah serba modern ini anak - anak jarang memainkan permainan tradisional mereka lebih senang memainkan ponsel masing-masing. Pada umumnya permainan ini masih dikenal terutama di daerah pedesaan biasanya dilakukan oleh siswa di halaman sekolah maupun halaman rumah yang agak luas.

Permainan oray-orayan merupakan permainan tradisional yang berasal dari jawa baratpermainan ini biasa dimainkan oleh anak-anak yang terdiri dari beberapa orang karena dalam permainan ini lebih banyak anak atau orang akan jauh lebih menyenangkan. Semakin banyak jumlah pemain semakin baik karena akan lebih indah terlihat bagaikan ular yang sebenarnya. Lagunya di bawah ini.

Dirahasiakan dari pemain lain. Permainan ini biasanya dimainkan di lapangan terbuka dengan jumlah pemain bebas semakin banyak semakin seru tentunya. Oray - Orayan merupakan salah satu dari banyak permainan anak-anak sunda yang paling populer meski ada banyak permainan anak lainnya seperti Ambil - Ambilan Ucing-ucingan Boy-boyan Galah Asin- Asinan dan masih banyak kaulinan barudak yang lainnya.

Adapun aturan pada olahraga tradisional ini berbaris dan berpegangan pada pundak dan membentuk lingkaran oray dan permainan ini lebih meriah karena sambil bernyanyi. Permainan ini dapat dimainkan minimal oleh 6 orang atau lebih. Jenis dan bentuk kaulinan oray-orayan sangat sederhana tetapi secara tidak langsung mengandung makna yang sangat berguna terutama bagi pemupukan sikap mental anak-anak.

Studi kasus pada anak kelompok B ditaman Kanak-Kanak Kusumah Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya. Biasanya sebelum bermain suka saling memegang pundak teman yang lain yang ada di depannya. Oray-orayan termasuk permainan tradisional Jawa Barat yang sering dimainkan oleh anak-anak dengan peserta 15 orang lebih.

Oray-orayan Luar-leor mapay sawah.

Check It Out


Posting Komentar untuk "Permainan Oray Orayan"