Uji Kompetensi Guru ( UKG ) 2015 digelar Nopember Mendatang

Uji Kompetensi Guru ( UKG ) untuk periode tahun 2015 akan dilaksanakan pada bulan Nopember mendatang. Direktoral Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan ( Dirjen GTK ) Kemendikbud Sumarna Surapratna menyatakan bahwa semua guru yang terdaftar dan akan melaksanakan Kegiatan Uji Kompetensi Guru 2015 di seluruh Indonesia berjumlah sebanyak 3.015.315 orang. Uji Kompetensi Guru 2015 akan dilaksanakan oleh semua Guru yang sudah memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan ( NUPTK ). 
Kegiatan UKG

Dalam dialog pendidikan pada hari selasa, 12 Oktober 2015 di Semarang Jawa Tengah, Dirjek GTK menyatakan bahwa persiapan pelaksanaan Uji Kompetensi Guru tahun 2015 saat ini sedang terus dijalankan. Tempat Uji Kompetensi ( TUK ) untuk pelaksanaan UKG 2015 sudah dipersiapkan sebanyak 5.600 TUK di seluruh wilayah Indonesia. Verifikasi Pendataan peserta UKG pun sudah berlangsung sampai 70 persen.

Dirjen GTK Kemendikbuk menyatakan bahwa Pelaksanaan Kegiatan Uji Kompetensi Guru 2015 akan dilaksankan dengan dua metode yakni Online dan Offline. Kegiatan UKG Online akan dilaksanakan dalam sebuah Jaringan Komputer yang terintegrasi, sedangkan Kegiatan UKG Offline akan dilaksanakan dengan cara tes tulis. Kegiatan UKG Online akan dilaksanakan di 498 Kota/Kabupaten sisanya 38 Kota/Kabupaten akan melaksanakan Kegiatan Uji Kompetensi Guru secara Offline. Namun, ada beberapa daerah yang melaksanakan Kegiatan UKG dengan dua metode sekaligus.

Dirjen GTK juga menambahkan bahwa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud ) sudah menyiapkan sebanyak 200 Paket Soal untuk bidang keahlian yang akan diujikan bagi setiap Guru yang melaksanakan UKG 2015. Uji Kompetensi Guru 2015 akan dilaksanakan pada tanggal 9 - 27 Nopember sesuai dengan Kebijakan tiap daerah masing - masing. UKG akan dilaksanakan selama 1 hari, dengan waktu yang diberikan untuk pengisian soal selama 120 menit untuk mengisi soal Pilihan Ganda. Jumlah soal yang akan diujikan diperkirarakn berjumlah 60 - 100 soal.

Dirjen GTK juga menyatakan bahwa Kedepannya UKG akan dilaksanakan sebagai agenda guru tahunan guna mengevaluasi Kompetensi seluruh guru Indonesia secara berkala. Tindak lanjut dari pelaksanaan UKG adalah pelatihan dan pendidikan keguruan guna meningkatkan Kualitas Seluruh Guru Indonesia. 

( Dikutip dari : solopos.com )



Aplikasi/Admnistrasi Guru Lainnya :

    Masukan email untuk berlangganan gratis :

    0 Response to "Uji Kompetensi Guru ( UKG ) 2015 digelar Nopember Mendatang"

    Poskan Komentar

    Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.